Kenali Istilah yang Berkaitan tentang Covid-19 ( Corona Virus)

Download


Corono Virus Disease atau dikenal juga dengan Covid-19 sangat memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan kita. Pandemi Virus Corono atau Covid-19 mulai terdeteksi di Indonesia pada Senin (2/3) dan diumumkan oleh Preiden Joko Widodo. Namun hingga saat ini peningkatan temuan pasien baru yang terdeteksi ODP, PDP, Suspeck dan postif terus meningkat.
Lalu apa itu ODP, PDP, suspeck dan positif? Mari kita bahas satu persatu istilah yang menyertai tentang Corono atau Covid-19 ini.
1.    ODP (Orang Dalam Pemantauan)
Seseorang yang memilki riwayat pernah bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus corono atau pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi virus corono, meskipun ia belum menunjukkan gejala-gejala terinfeksi.
2.    PDP (Pasien dalam Pengawasan)
Seseorang yang telah menunjukkan gejala terinfeksi virus corona, seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas.
3.    Suspect
Pernah bepergian ke wilayah yang terkena virus Corono atau pernah kontak dengan terinfeksi virus Corona dan telah menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona. Pasien kategori ini akan menjalani pemeriksaan dengan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing.
4.    Positif
Dinyatakan terinfeksi virus Corono setelah melalui pemeriksaan laboratorium dan prosedur lainnya
5.    Negatif
Dinyatakan tidak terinfeksi virus Corono setelah melalui pemeriksaan laboratorium dan prosedur lainnya, hal ini berlaku bagi pasien yang telah sembuh dari virus Corono.
6.    Sosial Distancing
Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarakaman (minimal 1 atau 2 meter), menghindari kerumunan, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.
7.    Isolasi
Isolasi biasanya dilakukan untuk pasien yang terjangkit virus Corono dan berpeluang menulari orang lain, yaitu upaya mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan antar manusia (dari penderita kepada yang sehat).
8.    Karantina
Biasanya dilakukan terhadap seseorang yang telah terpapar virus corono namun belum menunjukkan gejalanya. Tak jauh berbeda dari isolasi, karantinaadalah upaya membatasi seseorang agar tidak berinteraksi dengan orang lain.
9.    Lockdown
Situasi yang mengunci masuk atau keluar dari suatu wilayah atau Negara tertentu.
10.    Work From Home (WFH)
Bekerja dari rumah.
11.    Imported Case
Seseorang terjangkit saat berada diluarlokasi penderita. Biasanya terjadi setelah penderita melakukan perjalanan dari luar negeri.
12.    Local Transmission
Pasien tertular diwilayah dimana kasus ditemukan.
13.    Epidemi
Penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah terjangkit banyak dan tidak normal (penyebaran disuatu wilayah).
14.    Pandemi
Penyebaran terjadi secara global
Itulah beberapa istilah yang berkaitan dengan Covid-19.


Untuk Provinsi Sumatera Barat, hotline posko Covid-19 dapat menghubungi nomor 081363478384 atau 08116609399

Sementara update informasi tentang Covid-19 di Sumatera Barat dapat diakses di http://corono.sumbarprov.go.id

 

Sumber Gambar: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRWcXDsrOwal5aXBSH5hl9SUK0F2Sn9EE6Ih50A3rYzNk5lXZGq

Penulis: Dian Tanjung

 

.